Pakpak dan Potensi Wisata Alam serta Budaya

Pakpak dan Potensi Wisata Alam serta Budaya

Suku Pakpak merupakan suku yang mendiami beberapa wilayah di Sumatra Utara seperti Pakpak Bharat, Dairi, Tapanuli Utara dan Tengah, serta Aceh Singkil. Saat ini, eksistensi adat serta budaya pakpak bisa dibilang terancam punah; selain karena masyarakat Indonesia dan luar negeri lebih akrab dengan suku Batak dibandingkan pakpak, banyak generasi muda suku Pakpak yang sukses memilih untuk melebur sepenuhnya dengan lingkungan di luar wilayah mereka sendiri sehingga cenderung melupakan kampung halaman. Hal ini kemudian mendorong berbagai instansi serta tokoh adat dan anggota suku Pakpak untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya pakpak kepada masyarakat luas, salah satunya dengan jalan promosi pariwisata. Mempromosikan daya tarik obyek wisata alam maupun budaya bisa dibilang menjadi salah satu strategi andalan anggota masyarakat Pakpak agar memeroleh perhatian lebih dari masyarakat luas.

Wisata Budaya Pakpak

Sebagai sebuah suku dengan warisan budaya dan tradisi yang unik, masyarakat Pakpak memiliki beberapa potensi wisata budaya yang cukup menarik. Salah satunya yang terkenal adalah wilayah puncak gunung Delleng Simpon yang bisa dibilang merupakan pusat kebudayaan suku Pakpak. Wilayah yang terletak di Kabupaten Pakpak Bharat ini telah sejak lama menjadi situs kebudayaan Pakpak dengan keberadaan berbagai rumah adat, kebun kemenyan yang menjadi sumber penghasilan masyarakat Barati, serta berbagai lokasi situs adat seperti Desa Ulumerah. Wisatawan dapat bertemu dengan penduduk asli serta tetua adat yang dapat menceritakan berbagai legenda serta adat-istiadat daerah ini. Saat ini, berbagai upaya sedang dilakukan untuk menjadikan Delleng Simpon sebagai daerah wisata budaya yang tertata rapi, terutama karena budaya Pakpak di wilayah Pakpak Bharat termasuk yang masih asli dan belum banyak bercampur dengan budaya daerah lain, sehingga berpotensi tinggi.

Wisata Alam Pakpak

Wilayah-wilayah yang menjadi tempat tinggal masyarakat pakpak juga menyimpan potensi keindahan alam yang luar biasa dan terjaga. Salah satu lokasi wisata alam yang tersohor di daerah Pakpak Bharat adalah air terjun Lae Simbilulu Tinada yang sejuk dan jernih. Sayangnya jalan masuk ke daerah ini masih dalam proses pembangunan, namun air terjun ini bisa dibilang merupakan salah satu andalan dari potensi wisata alam pakpak. Obyek wisata alam lainnya yang berupa air terjun adalah air terjun Lae Une. Air terjun ini merupakan tujuan wisata lokal yang sangat terkenal, terutama karena di tempat ini juga tersedia fasilitas untuk turis seperti pondok-pondok wisata yang nyaman serta jalan masuk yang dapat dilalui mobil maupun sepeda motor. Sebuah mata air abadi bernama Eluh Berru Tinambunen di puncak gunung Simpon menjadi satu lagi daya tarik wisata alam di Pakphak Barat, karena airnya yang tak pernah kering saat kemarau, keindahan alam di sekitarnya, serta legenda rakyat yang menyelimuti kisah terciptanya mata air ini.

Incoming search terms:

  • suku pakpak
  • cerita eluh berru tinambunen
  • gunung simpon dairi

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pakpak dan Potensi Wisata Alam serta Budaya | DISBUDPARHUBMANSIH - […] Wisata Alam Pakpak […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


SEO Powered By SEOPressor